Erorr Android Studio 2.0 di linux 64bit

1 minute read

Foo
android studio

Hal yang menarik dari Android studio 2.0 yang terinstall di linux 64bit adalah kutemukan error disana sini, mungkin waktu kemarin masih pakek linuxmint 17 android studio dari versi 1.7 langsung ku update ke versi 2.0 jadi tidak ku temukan error yang berarti setelah migrasi ke ubuntu 16.04 dan install dari awal android studio 2.0 barulah berjumpa dengan errornya, apa saja errornya? ini dia check this out

Unable to run mksdcard

Foo

setelah finish install lalu pilih setting default atau custom dan munculah pesan error ini dikarenakan android studio yang terisntall di linux 64 bit butuh library 38bit,library apa saja yang diperlukan:

  • lib32stdc++6 adalah library untuk progam C++
  • lib32z1 adalah library implentasi method kompresi deflate yg terdapat di gzip dan pkzip

langsung buka terminal dan langsung install

 ~:$ sudo apt-get install lib32stdc++6
 ~:$ sudo apt-get install lib32z1
Foo

problem solved untuk unable to run mksdcard

R layout cannot resolved

Foo

setelah error pertama unable to run mksdcard teratasi kemudian bukak project gradle sync dan yooooott error kedua muncul mulai dari gradle build yang prosesnya lama sampai R layout cannot resolved. ada beberapa akibat munculnya error ini diantaranya adalah:

  • gradle crash akibat tersimpannya beberapa versi gradle
  • tidak singkronya antara sdk build tools project dengan sdk build tools yang dimiliki

solusi untuk point yang pertama dengan menghapus salah satu versi gradle letaknya di /home/.AndroidStudio2.0/ setelah itu restart android studio.

Foo

dan solusi untuk point yang kedua adalah merubah sdk build tools project dengan cara buka sdk build tools yang telah terisntall (ctrl+alt+shift+s) atau File–project Structure–app–Build Tools Version (seperti gambar diatas) rubah dengan yang telah di install cara mengetahui build tools yang terisntall liat saja di sdk manager.
akhirnya teratasi sudah, semua ERROR-nya mungkin kamu kelebihan error dari apa yang saya jumpai monggo ayo kita diskusikan

Tags:

Updated: